by

Aliran Air Teratasi, Irigasi Menuju Persawahan Semakin Mudah

Kediri (aksaratimes.com) —Musim Kemarau kali ini para petani yang berada diwilayah Kecamatan Purwoasri dan Kunjang di Kabupaten Kediri akhirnya termudahkan dengan adanya pengaturan aliran irigasi, petani dapat berocok tanam dengan mudah.

Agus, Kepala Desa Sumberjo, Kecamatan Purwoasri mengaku bersyukur dengan pulihnya sistem irigasi pertanian di wilayahnya. Hal tersebut tidak lepas dari peran perusahaan tambang CV Adhi Djojo Kediri yang melakukan perbaikan dan penataan saluran irigasi yang mengalami pengendapan.


“CV Adhi Djojo mengeluarkan bantuan sosial kepada warga di sekitar dengan melakukan pembenahan saluran sungai yang ada. Sehingga, petani menerima manfaat air irigasi untuk pertanian,” kata Agus.

Saluran irigasi yang telah ditata ini mengairi lahan persawahan di wilayah Kecamatan Kunjang dan Purwoasri. Bahkan, ada sebagian yang mengalir ke kabupaten tetangga, Jombang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, kawasan yang ditopang mulai dari Dusun Parelor, Jabon, Jember di Kecamatan Kunjang.

Kemudian di Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang. Mulai dari, Dusun Wangkal, Desa Wangkal Kepuh, Dusun Mejoyo, Dusun Losari, Desa Mejoyolosari. Berikutnya di Dusun Turus, Desa Turus, Dusun Gudo di Desa Gudo dan Dusun Kademangan, Desa Kademangan.(*)

News Feed