Berikut Saran Jenis Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung!

Aksaratimes.com I 1 Juli 2024 Jakarta – Olahraga merupakan kegiatan yang dapat memicu peningkatan hormon adrenalin dan detak jantung. Meskipun rutin berolahraga sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental, terlalu banyak dan intensitas tinggi bisa berbahaya bagi penderita penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung, seperti yang dilaporkan oleh Medical News Today. Misalnya, orang yang melakukan aktivitas fisik berat setiap hari memiliki risiko dua kali lipat lebih besar untuk mengalami kematian akibat serangan jantung atau stroke.

Di sisi lain, olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki selama satu jam sehari dapat mengurangi risiko fibrilasi atrium, yang merupakan penyebab serangan jantung. Ini menunjukkan bahwa durasi dan intensitas olahraga berperan penting dalam menentukan risiko bagi penderita penyakit jantung.

Read More

Para peneliti menyarankan agar olahraga dilakukan dalam dosis sedang untuk memaksimalkan manfaat kardiovaskular tanpa meningkatkan risiko yang tidak diinginkan. Sebagai rekomendasi umum, penderita penyakit jantung sebaiknya melakukan ‘olahraga selama 150 menit per minggu dengan intensitas sedang‘, seperti ‘jalan kaki, jogging, atau bersepeda‘.

Dengan demikian, penting untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dan tidak berlebihan bagi penderita penyakit jantung guna menjaga kesehatan jantung mereka dengan optimal. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *