Cuaca Buruk Akibatkan Kendaraan Tujuan Bali Tertahan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Aksaratimes.com I 26 Juni 2024 Jakarta – Cuaca ekstrem di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, mengganggu aktivitas penyeberangan. Pada Selasa (25/6/2024), kendaraan angkutan barang menuju Pulau Bali mengalami penundaan signifikan di pelabuhan tersebut. Kantong Parkir Pelabuhan Ketapang dipadati oleh ratusan kendaraan yang tertahan karena sulitnya kapal untuk bersandar akibat cuaca buruk.

“Cuaca sedang kurang bersahabat sehingga kapal kesulitan untuk sandar,” ujar Syamsudin, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, pada Selasa tersebut. Selain sulit sandar, proses bongkar muat kapal juga terganggu, terutama kapal LCM yang mengalami kesulitan lebih dari 3 jam untuk bersandar.

Masalah kemacetan ini sudah terjadi sejak Minggu (23/6/2024) malam, disebabkan oleh peningkatan jumlah penumpang yang pulang kampung setelah libur Idul Adha serta pengguna jasa yang menuju Bali untuk berlibur.

Read More

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, pihak pelabuhan bersama Sat Lantas Polresta Banyuwangi melakukan pengalihan arus di jalur lingkar Ketapang. Upaya lainnya termasuk memaksimalkan kantong parkir dan buffer zone dermaga Bulusan.

Otoritas pelabuhan mengimbau kepada pengguna jasa untuk mematuhi arahan petugas, terutama dalam menjaga ketertiban saat antrean masuk ke kapal. “Tetap sabar. Baik yang ada di jalur sebelum memasuki pelabuhan, area pelabuhan dan maupun antrean saat masuk ke kapal,” tambah Syamsudin. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *