Gali Ilmu, Bupati Tegal dan Dinas Kominfo Kunker Ke Kota Kediri

Kediri (aksaratimes.com) – Dalam rangka memahami apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri dalam menangani permasalahan di kotanya, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardi dan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Kediri dan diterima langsung oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Jumat (31/01).

Tujuan Wakil Bupati Tegal dan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Kediri ini tidak lain untuk menggali ilmu dari Kota Kediri mengenai apa saja yang sudah dilakukan Kota Kediri dalam hal menangani permasalahan-permasalahan di kotanya, sehingga bisa mengambil keputusan dengan segera dan akurat berdasarkan data-data yang sebenarnya.

Sebagai ketua rombongan Sabilillah Ardi bertanya banyak hal mengenai teknologi informasi di Kota Kediri seperti cara kerja aplikasi prodamas, e-surat, dan Sistem Informasi Eksekutif (SIE) Kota Kediri. Aplikasi SIE ini merupakan aplikasi untuk menyajikan informasi yang ringkas yang berguna untuk pengambilan keputusan, aplikasi inilah yang paling menarik bagi Wakil Bupati Tegal untuk bisa diterapkan di Kabupaten Tegal.

Wakil Bupati Tegal bercerita sebenarnya memang sudah lama ingin datang ke Kota Kediri sejak lulus dari Lemhanas. Dan pada akhirnya bisa berkunjung ke Kota Kediri Jumat ini, salah satu niatan datang ke Kediri adalah ingin membuktikan presentasi Walikota Kediri saat di Lemhanas. Jadi ada salah satu tugas dimana Walikota Kediri waktu itu menyampaikan soal media monitoring sebenarnya sudah tertarik dan akhirnya bisa memahami apa yang dilakukan Pemkot Kediri.

Read More

Lebih lanjut, Wabup Tegal ini juga mengatakan di Kabupaten tegal ini yang menjadi salah satu perhatian terkait masalah IT. Sebelum 2019 jangankan kantor, ruang server tidak punya. Sehingga 2020 ini yang menjadi fokus utama Tegal adalah membangun gedung kominfo, ruang _server_ dan _server_ _rack_, lalu tahun 2019 juga membuat kajian untuk Data Manajemen Sistem (DMS). “DMS ini dimana kita percaya kebutuhan utama semua OPD harus setuju dulu _database_ disatukan. Aplikasi boleh terpisah namun _databasenya_ disatukan. Bayangannya kita ingin memberikan _dashboard_ kepada Bupati Tegal agar ketika membuat keputusan itu bisa tepat. SIE Kota Kediri tersebut adalah impian kami Kabupaten Tegal. Langkah-langkah yang akan kita capai, harapannya bila Kota Kediri 2017-2019 baru selesai membangun sistem tersebut, dengan kami dibantu Kota Kediri serta bisa banyak saran dari Walikota Kediri dan Kominfo Kota Kediri bisa lebih cepat dan tidak terjadi _trial_ _and _ _error_,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan apa yang menjadi pertanyaan dan tujuan Kabupaten Tegal ke Kota Kediri akan dijelaskan lebih rinci disini. Terkait dengan mengatasi permasalahan warga agar bisa diambil keputusan cepat oleh pemerintah daerah, Kota Kediri membuat sebuah aplikasi sarana pengaduan yang bernama Suara Warga (SURGA). Aplikasi ini baru _booming_ di warga Kota Kediri sekitar tahun 2017 padahal _launchingnya_ sudah dari tahun 2015. Dengan adanya aplikasi tersebut menjadikan OPD-OPD di Pemerintah Kota Kediri lebih responsif. Sehingga setiap OPD diberikan pelatihan menulis tujuannya ketika ditanya oleh masyarakat akan lebih terarah dalam menjawabnya.

Selain itu, Mas Abu juga menerangkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap kelurahan, pemerintah daerah juga meningkat, sehingga mereka bergantung. Jika terjadi apapun akan melapor kepada Pemerintah Kota Kediri.

Harapan kedepan dengan adanya kunjungan kerja Kabupaten Tegal ini, Abdullah Abu Bakar menyampaikan agar bisa mengambil ilmu dari Kota Kediri ini dan mudah-mudahan bisa diterapkan di Kabupaten Tegal. “Apa yang sudah dibuat ini dan yang sudah bisa kita kerjasamakan dengan Kabupaten Tegal ini, dengan senang hati karena kita dulu banyak _trial_ _and_ _error_ juga. Dulu juga banyak pihak yang kita ajak diskusi dan _alhamdullillah_ sekarang bisa memberikan kemanfaatan bagi perkembangan Kota Kediri. Kita bukan ingin menggurui tapi kita belajar bareng karena ini kan sistem. Mudah-mudahan pulang dari sini segera bersurat nanti kita segera membantu. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih mudah-mudahan apa yang diinginkan Tegal bisa terjawab semua,” ujarnya.

Hadir dalam kunjungan kerja ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Enny Endarjati, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Haris Candra Purnama, Kepala DInas Kominfo Kabupaten Tegal Desy Arifianto serta jajaran Kominfo Kota Kediri dan Kabupaten Tegal.

Related posts