by

Gubernur NTB Beberkan Pengunduran ATC dan Masalah Marshal di Mandalika

Aksaratimes.com| 16 November 2021,Nusa Tenggara Barat, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, menjelaskan pengunduran ajang balap motor Asia Talent Cup (ATC) Mandalika yang terkait dengan keberadaan marshal.
Balapan Idemitsu ATC dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, pada Minggu (14/11), namun kemudian dipastikan mundur menjadi akhir pekan ini bersamaan dengan ajang world superbike (WSBK) Mandalika.

Dalam keterangan resmi, ATC tidak menyebut alasan penundaan. Namun Head of Operation and Sporting Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dyan Dilato, memaparkan ada kendala dalam mempersiapkan marshal atau petugas yang berjaga di lintasan balap.

Zulkieflimansyah pun berjanji menjembatani masalah yang ada antara marshal dengan pihak penyelenggara dalam hal ini MGPA (Mandalika Grand Prix Association) sehingga bisa meluruskan kesalahpahaman yang terjadi sebelum ajang WSBK dan MotoGP.

Dalam rangkaian cuitannya, Zulkieflimansyah juga menjelaskan marshal yang ada di Sirkuit Mandalika merupakan putra-putra daerah.

“Persiapan yg terbatas dan Komunikasi yg baik dgn penyelenggara dianggap sbg salah satu masalah utama..” cuit Zulkieflimansyah dalam akun @bangzul_ntb.

Keberadaan marshal yang layak menjadi salah satu poin vital dalam penyelenggaraan balap. Marshal merupakan petugas terlatih yang menjadi bagian dalam keamanan balapan, khususnya terkait dengan kejadian-kejadian di sirkuit.

Sosok Marshal kerap terlihat di tepi sirkuit, dengan memegang dan mengibarkan bendera jika diperlukan dan juga menjadi orang pertama yang menolong pembalap jika mengalami kecelakaan.

Marshal pun dibekali pengetahuan mengenai cara memadamkan api, membersihkan lintasan dari berbagai barang yang bisa menimbulkan bahaya seperti oli atau serpihan pecahan bagian motor atau mobil. Tak jarang pula marshal memiliki ilmu mengenai cara mendorong atau mengangkat mobil dan motor yang digunakan dalam balapan.

Selain memiliki pengetahuan tersebut, marshal juga dituntut memiliki kebugaran fisik.(RED)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed