Aksaratimes.com I 24 November 2023 Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke wilayah Papua dan Papua Barat, dengan salah satu kegiatan utamanya yaitu meresmikan Kampung Nelayan Modern di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Resmi diresmikan di Desa Samber-Binyeri, Jokowi menyampaikan ungkapan terima kasih dan harapannya untuk kemajuan masyarakat nelayan di sana.

Seorang nelayan, Yaufiki, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Jokowi karena berkat kehadiran beliau, persoalan yang dihadapi oleh para nelayan, terutama terkait hasil tangkapan, kini telah teratasi. Dia menyebutkan bahwa bantuan dari dinas terkait, seperti kostolit dan fasilitas penunjang lainnya, sangat berarti bagi mereka. Sementara nelayan lain, Bernadeth, juga menyatakan bahwa bantuan penyediaan sarana dan prasarana dari Jokowi sangat membantu masyarakat nelayan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Kunjungan kerja Jokowi tidak hanya terbatas di Biak Numfor, melainkan juga mencakup sejumlah kegiatan di Papua Barat. Di sana, Jokowi mengawali hari ketiganya dengan mengunjungi Tugu Pancasila Kampung Tanama, Kabupaten Fakfak. Dia menandatangani prasasti Tugu Pancasila Kampung Tanama sebagai pengingat perjuangan pahlawan asal kampung tersebut.

Kepala Kampung Tanama, Sukur Weripih, menegaskan pentingnya Tugu Pancasila sebagai simbol penghormatan kepada para pejuang kampung. Weripih berharap masyarakat akan terus mengingat perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan dan bersama-sama membangun negeri.

Selanjutnya, Jokowi melanjutkan perjalanan ke kawasan LNG Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Bintuni, untuk meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tangguh Train 3. Pada siang harinya, Presiden bergerak ke Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, untuk melakukan groundbreaking Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unimuda Sorong.

Rangkaian kunjungan kerja hari ketiganya juga mencakup Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, di mana Jokowi akan meresmikan pembukaan Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) XXXII dan Munas Kohati XXV Tahun 2023.

Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, dalam rangkaian kunjungan kerja yang bertujuan untuk memperkuat pembangunan dan kesejahteraan di berbagai daerah. (red)