Kala Warteg dan RM Padang Berharap Terlibat dalam Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Aksaratimes.com I 19 Mei 2024 Jakarta – Pengusaha warung Tegal (warteg) dan rumah makan Padang (RM Padang) berharap dapat dilibatkan dalam program makan siang gratis yang diusung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka.

Slamet (53), pemilik warteg di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, menyatakan keinginannya untuk berkontribusi dalam program unggulan Prabowo tersebut. “Kalau ada yang minta, kita pasti bisa bantu,” ujarnya pada Senin (13/5). Slamet menambahkan bahwa warung makannya, yang berdiri sejak 2008, telah berpengalaman dalam menangani pesanan makanan dalam jumlah besar.“Sebenarnya saya sudah sering bikin makanan buat acara besar. Kan ada aja yang minta pesanan dari WA (WhatsApp) buat kawinan. Seringnya sih buat per orang, jadi pakai kotakan (nasi kotak) kalau siapin makanannya,” lanjutnya.

Slamet sepakat dengan tujuan program makan siang gratis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak Indonesia.“(harapan) Semoga bisa bantu memperbaiki gizi anak sekolah dan juga makin melibatkan warteg-warteg kayak kami sebagai penjual,”katanya.

Read More

Yuni (38), pemilik RM Padang di Jakarta Timur, juga menyatakan minatnya untuk bergabung dalam program Prabowo-Gibran. “Pernah denger (program makan siang Prabowo-Gibran), kalau diajak dan selama niatnya baik, saya siap sih mas,” katanya sambil tertawa. Yuni optimis bahwa warung makannya mampu memenuhi pesanan dalam jumlah besar jika diperlukan. “Buat porsi besar gitu bisa kok, mau buat ratusan orang juga bisa,” tuturnya.

Yuni menjelaskan bahwa pendapatan rumah makannya sering meningkat karena pesanan konsumsi untuk acara-acara besar. “Omsetnya kalau lagi ada pesanan gitu (acara besar) bagus ya, bisa Rp5 juta sampai 8 jutaan. Kita selama ini juga rutin ada pesanan besar, acara perusahaan seminggu sekali, mungkin ya karena sudah cukup lama dikenal,” ujarnya. Ia juga menyebut bahwa modal harian untuk belanja kebutuhan rumah makannya berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta, tergantung pada harga bahan pangan.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, sebelumnya menyinggung janji Prabowo Subianto tentang program makan siang gratis. Ia berharap warteg dapat turut serta dalam program ini. “Mudah-mudahan di antara banyak janji yang disampaikan dalam kampanye presiden, seperti makan siang gratis, minum susu gratis bagi anak-anak pelajar dan santri, mudah-mudahan warung Tegal bisa kecipratan,” kata Muzani di Jakarta, Minggu (12/5). Ia menambahkan bahwa warung Tegal adalah tempat di mana warga bisa makan murah, bergizi, dan cepat saji.

“Di warung warung tegal berbagai macam sajian makanan disajikan dengan gampang dan enak, di warung Tegal berbagai macam sajian makan disajikan dengan harga murah dan terjangkau,” ujar Muzani. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *