Kebakaran dari Kawasan Bromo sudah Menjalar ke Probolinggo, BPBD sigap Buat Sekat Api

Aksaratimes.com I 23 Juni 2024 Jakarta – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar Gunung Bromo kembali memunculkan keprihatinan serius, dengan api yang pertama kali terdeteksi di Gunung Bathok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu (22/6/2024) sekitar pukul 03.30 WIB. Awalnya, upaya pemadaman dilakukan oleh petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), relawan, dan warga setempat, berhasil menahan api pada pukul 05.00 WIB. Namun, api kembali muncul pada pukul 08.00 WIB di lokasi yang sama, meskipun berhasil dipadamkan dalam waktu 15 menit berikutnya.

Septi Eka Wardani dari TNBTS menjelaskan bahwa titik api kemudian muncul di lereng berbeda, menjalar ke arah Gunung Bromo dan sebaliknya. Kondisi angin kencang membuat api di sisi kanan lebih besar, sementara tim pemadam dari Brigdalkarhut TNBTS dibantu oleh TNI dan Polri berusaha keras untuk memadamkannya. Beberapa tim terfokus pada perbatasan antara Gunung Bathok dan Gunung Widodaren, sementara area tanpa vegetasi di Gunung Bromo memungkinkan api berhenti sendiri.

Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan, meskipun Septi memastikan bahwa insiden ini tidak terkait dengan kebakaran sebelumnya di Puncak Lempitan pada Rabu (19/6/2024). Sementara itu, kebakaran telah mulai menyebar ke wilayah Probolinggo, di mana Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Moh. Zubaiduloh, mengkonfirmasi bahwa titik api sudah mencapai perbatasan wilayah mereka.

Read More

Untuk mencegah meluasnya kebakaran, BPBD Kabupaten Probolinggo telah mengerahkan tim TRC ke lokasi kejadian. Upaya pemadaman saat ini dilakukan secara manual dengan menggunakan gepyok, sabit, dan parang. Meskipun api masih berlangsung, diharapkan agar dapat segera diatasi untuk menghindari dampak yang lebih luas dan tidak diinginkan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *