Khamenei Minta Warga Iran Tak Khawatir? Usai Insiden Heli Presiden Raisi Jatuh di Hutan, Begini Ungkapnya !

Aksaratimes.com I 20 Mei 2024 Jakarta – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengeluarkan pesan kepada warganya untuk tidak khawatir setelah helikopter yang membawa Presiden Ebrahim Raisi mengalami kecelakaan pada Minggu (19/5).

Khamenei menyatakan, “Rakyat Iran tidak perlu khawatir, tidak akan ada gangguan dalam pekerjaan negara,” dalam sebuah pidato yang disiarkan di TV pemerintah, seperti yang dikutip oleh AFP. Dia juga menambahkan harapannya bahwa presiden dan pendampingnya dapat kembali dalam keadaan sehat dan selamat.

Sebelumnya, sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi jatuh saat berkunjung ke wilayah utara pada hari Minggu. Hingga saat ini, kondisi Raisi belum dilaporkan. Helikopter tersebut juga membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian dan jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur. Namun, kru darurat belum dapat menjangkaunya karena kondisi berkabut yang meliputi wilayah tersebut, menurut kantor berita Iran, IRNA.

Read More

Tidak jelas apa yang terjadi pada helikopter yang ditumpangi Raisi. Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri menyatakan bahwa pihak militer sudah berada di lokasi kecelakaan dan telah mengirim sekitar 20 tim penyelamat dan pesawat tak berawak.

Selain Raisi dan Amir Abdollahian, beberapa pejabat lainnya juga berada di dalam helikopter tersebut setelah menghadiri sebuah upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran dengan Azerbaijan. IRNA melaporkan bahwa helikopter jatuh ketika akan mendarat di wilayah Varzaqan.

Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi, menyatakan bahwa salah satu helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena kabut. “Sekarang kelompok-kelompok penyelamat yang berbeda sedang bergerak menuju area tersebut, tetapi mengingat cuaca yang berkabut dan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, mungkin akan memakan waktu sampai mereka mencapai lokasi helikopter tersebut,” katanya.

Meskipun ada beberapa kontak dengan penumpang di helikopter, upaya penyelamatan masih terhambat oleh kondisi cuaca yang tidak menguntungkan. Pihak berwenang Iran telah memobilisasi berbagai sumber daya untuk mencari helikopter tersebut, dengan harapan bahwa insiden tersebut dapat berakhir tanpa korban jiwa. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *