Kediri, Kamis 25/03/2021
Tak kalah menarik dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1217, Pemerintah Desa Sambirejo, Kec. Gampengrejo, mengadakan acara tasyakuran bagian dari wujud syukur seluruh warga Desa Sambirejo, acara yang diadakan di Gedung Pertemuan Kantor Desa Sambirejo dengan dihadiri perwakilan warga, tokoh agama, tokoh masyarakat serta aparatur Desa setempat berjalan dengan lancar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (25/03/2021).

” Selain peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri, tasyakuran ini terlaksana berbarengan dengan lounching program Mina Padi di Desa Sambirejo. Program Mina Padi merupakan suatu bentuk pengoptimalan lahan sawah menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas antara pertanian dan perikanan sekaligus,” ujar Kades Maksun.

Besar harapan dengan berjalannya program Mina Padi ini dapat mendongkrak perekonomian warga Desa Sambirejo khusunya dan perekonomian di Kabupaten Kediri pada umumnya, “Sajauh ini sudah ada sekitar 50 petani dari desa Kami yang sudah tergabung dalam program Mina Padi,” jelas Maksun.

Kita akan memanfaatkan lahan pertanian yang dulunya menjadi genangan air dan tidak dapat digunakan sama sekali, tetapi dengan adanya program Mina Padi insyaalloh akan kita manfaatkan hingga menjadi lahan yang produktif untuk penanaman padi, saat di masa Pandemi Covid 19 warga khususnya yang bermata pencaharian sebagai petani sangatlah terbantu pasalnya petani akan diberi kepercayaan penuh mulai dari pengelolaan dana hingga hasilnya,” tegas Kades Maksun.

Menurutnya nanti tidak hanya dengan pola penanaman padi saja tetapi dengan adanya lahan yang dapat dimanfaatkan untuk pembudidayaan ikan itupun akan kita manfaatkan karena kita juga bekerja sama dengan pihak Dinas Perikanan untuk pengadaan bibit ikan air tawar, yang semua pengelolaannya kita serahkan ke warga, kami dari pihak Desa hanya memberikan fasilitas dan yang kemanfaatannya kembali untuk warga Desa Sambirejo.

Harapan Kades Sambirejo Maksun di usia 1217 Tahun semoga Kab. Kediri bisa semakin maju, masyarakatnya semakin sejahtera apalagi dengan kepemimpinan Mas Dhito sebagai Bupati yang baru dilantik bisa membawa perubahan untuk Kab. Kediri yang sudah baik menjadi lebih baik lagi, imbuhnya semoga Pandemi Covid 19 ini cepat berkahir sehingga roda perekonomian kembali stabil masyarakat kecil bisa mangais rejeki buat kehidupan sehari hari.

Perlu diketahui, di Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri ada 2 Desa yang mendapatkan Program Mina Padi yaitu Desa Sambirejo dan Desa Putih dengan lahan yang sudah disiapkan sekitar 40 hektar. (ND)