Modus Kuras Rekening target Mobile Banking, Begini tips Aman nya

Manfaat Mobile Banking

Aksaratimes.com I 22 Mei 2024 Jakarta – Aplikasi mobile banking semakin menjadi sasaran para penjahat siber untuk menguras rekening calon korbannya. Simak cara pencegahannya dalam ulasan berikut ini.

Berdasarkan Laporan Ancaman Keuangan Kaspersky 2023, serangan malware (program jahat) mobile banking dan phishing (pengelabuan untuk mendapatkan data pribadi) terkait aset kripto meningkat pesat selama tahun lalu. Menurut laporan tersebut, jumlah pengguna yang menghadapi Trojan mobile banking meningkat substansial pada tahun 2023, dengan serangan terhadap pengguna Android melonjak sebesar 32 persen dibanding 2022.

Trojan perbankan yang paling umum adalah Bian.h, yang mencakup 22 persen dari seluruh serangan terhadap Android. “Uang selalu menjadi magnet bagi penjahat siber, dan sebagian besar serangan malware bermotif finansial. Lonjakan malware seluler yang terjadi tahun lalu menyoroti tren kejahatan dunia maya yang mengkhawatirkan,” kata Igor Golovin, pakar keamanan di Kaspersky, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/5).

Read More

Selain itu, phishing terkait keuangan terus menjadi ancaman. Pengguna individu paling banyak terdampak, dengan angka 30,68 persen, sementara serangan pada pengguna korporat mencapai 27,32 persen dari total serangan. Para pelaku kejahatan siber menggunakan berbagai modus dalam aksinya. Misalnya, upaya phishing dengan menggunakan nama merek toko elektronik terkenal mencapai 41,65 persen.

Melindungi diri dari serangan ini membutuhkan kewaspadaan dan tindakan pencegahan yang tepat. Beberapa langkah yang bisa diambil meliputi:

  1. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah
    Mengamankan akun dengan verifikasi dua langkah bisa memberikan lapisan keamanan tambahan.
  2. Memperbarui Perangkat Lunak
    Selalu perbarui aplikasi mobile banking dan perangkat lunak keamanan lainnya.
  3. Menghindari Tautan Mencurigakan
    Jangan klik tautan yang tidak dikenal atau mencurigakan, terutama yang diterima melalui email atau pesan teks.
  4. Menggunakan Aplikasi Resmi
    Hanya unduh aplikasi mobile banking dari sumber resmi, seperti Google Play Store atau App Store.
  5. Menggunakan Anti-Malware
    Pasang dan gunakan aplikasi anti-malware yang dapat mendeteksi dan mencegah serangan Trojan dan phishing.

Dengan langkah-langkah ini, pengguna mobile banking dapat lebih terlindungi dari ancaman siber yang terus berkembang. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *