Aksaratimes.com I 29 November 2023 Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) merespons pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyebutkan bahwa pemerintah baru cenderung bertindak seperti zaman Orde Baru (Orba). PAN menilai bahwa pemerintah saat ini merupakan hasil dari gerakan reformasi yang bertujuan mengoreksi rezim sebelumnya.Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengatakan bahwa pemerintahan saat ini dan ke depan merupakan produk dari gerakan reformasi yang bertujuan untuk mengoreksi kebijakan rezim sebelumnya.

Menurutnya, praktik korupsi dan nepotisme yang terjadi pada masa lalu harus dihindari, dan Indonesia tidak boleh kembali ke masa kelam tersebut. kemudian menegaskan kembali bahwa demokrasi saat ini sudah berjalan dengan baik, dan menganggap tidak masuk akal jika pemerintah saat ini dicap otoriter. Menurutnya, demokrasi telah terlembaga dengan baik, dan semua cabang kekuasaan berjalan sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangannya, sesuai konsep Montesquieu.

Pihak PAN menekankan bahwa mekanisme demokrasi saat ini terbuka, dan kebebasan berpendapat dan berpikir kritis dihargai. kemudian juga mengatakan bahwa tidak ada restriksi atau intimidasi dari kekuasaan, dan seluruh jalur, prosedur, dan mekanisme demokrasi dapat diakses tanpa hambatan. selain itu kemudian menyoroti keberagaman alat kontrol, termasuk media sosial, yang dapat menjadi alat untuk mengawasi kebijakan kekuasaan. Dengan adanya civil society yang ikut mengontrol negara, kita percaya bahwa tidak ada ruang bagi kekuasaan untuk menjadi otoriter.

Menanggapi Pemilu 2024, PAN mengajak untuk fokus pada penjualan ide dan gagasan, tanpa menggunakan framing dan diksi negatif dan berharap agar pilpres ini menjadi panggung untuk mempresentasikan visi, misi, dan program calon presiden dan wakil presiden.

Lebih lanjut, PAN menilai bahwa pemerintah saat ini tidak akan menjadi seperti rezim Orde Lama dan Orde Baru. Mereka berkomitmen untuk mewarnai orde reformasi ini dengan nilai-nilai demokrasi, kemanusiaan, kesetaraan, toleransi, dan keadaban, demi kemajuan peradaban Indonesia.

Megawati Soekarnoputri sebelumnya menyampaikan kritik terhadap pemerintah yang baru berkuasa, menyinggung kemungkinan adopsi tindakan seperti zaman Orde Baru. Pernyataan tersebut diucapkannya dalam acara Rakornas Relawan Ganjar-Mahfud di JIExpo, Jakarta Pusat, yang dihadiri oleh relawan yang mendukung pasangan Ganjar-Mahfud. (red)