by

Pemkot Kediri Berikan Sosialisasi Dan Pelayanan Perizinan Berusaha UMKM Ngronggo

Aksaratimes.com| 07 Oktober 2021, Kota Kediri, Agar UMKM berjalan dengan baik dan memiliki legalitas yang jelas, tentu perlu adanya perizinan yang resmi dari pemerintah. Untuk itu pada Kamis, (7/10/2021), Pemkot Kediri dalam hal ini Kelurahan Ngronggo bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri serta DPMPTSP Kota Kediri mengadakan Sosialisasi Dan Pelayanan Perizinan Berusaha untuk UMKM Ngronggo.

Dalam acara yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Ngronggo ini dihadiri oleh 50 UMKM yang tergabung dalam Paguyuban UMKM Kelurahan Ngronggo. Dalam sambutannya, Kepala Kelurahan Ngronggo Heru Sugiarto, mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan potensi dan memberikan wawasan mengenai perizinan mendirikan usaha.

Dalam acara nanti kita akan diskusikan dan belajar bagaimana UMKM di Kelurahan Ngronggo ini bisa meningkat. Jadi tolong para UMKM ini bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menambah ilmu. Jika ada hal yang ingin ditanyakan nanti kita persilahkan,” ucap Heru Sugiarto, Kamis, (7/10).

Disamping acara sosialisasi mengenai perizinan pembuatan usaha, Pemkot Kediri juga memberikan pelayanan pembuatan perizinan usaha secara langsung yang dilakukan oleh tim dari DPMPTSP Kota Kediri di Kelurahan Ngronggo. Hal ini dilakukan agar mempermudah pelaku UMKM memiliki izin usaha.

Kita mudahkan peserta untuk mengurus perizinan usahanya hanya dengan syarat kartu Identitas beserta e-mail peserta. Selain untuk mempermudah peserta, kami ingin agar roda perekonomian di Kota Kediri bisa segera bangkit lagi, ungkap Heru Sugiarto.

Dengan memiliki izin usaha, pelaku UMKM tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang kerap menimpa usaha yang tidak memiliki perizinan. Selain itu, memiliki izin usaha juga akan memudahkan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui program-program dari Pemkot Kediri untuk UMKM.

Harapan kami dengan diselenggarakan kegiatan ini, perekonomian di Kota Kediri bisa kembali bangkit dan berkaya. Hal ini untuk terus mendukung program Pemkot Kediri untuk menaikkan perekonomian Kota Kediri menjadi lebih baik lagi,” pungkas Heru Sugiarto.

Sementara itu, Khusnul (23) salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut mengaku bahwa dirinya baru pertama kali mengikuti sosialisasi secam ini. Ia menambahkan mendapatkan banyak wawasan baru, terutama mengenai perizinan mendirikan usaha. 

Awalnya saya diajak oleh tetangga untuk ikut acara ini. Dan senang sekali saya bisa mengikuti acara seperti ini. Dengan mengikuti acara ini saya mendapatkan wawasan baru mengenai perizinan usaha, ucap Khusnul, Kamis, (7/10).

Sebagai pelaku UMKM yang baru berdiri, Khusnul berharap acara seperti ini agar sering diadakan kedepannya. Ia yang sebagai penjual di toko kelontong ini mengaku bahwa kegiatan seperti ini sangat penting bagi dirinya dan pelaku UMKM lainya.

Acara semacam ini sangat bagus sekali dan bermanfaat. Semoga Pemkot Kediri sering mengadakan acara seperti ini. Agar pelaku UMKM mendapatkan banyak wawasan mengenai bagaimana UMKM bisa berkembang lebih baik. Terutama untuk pelaku UMKM baru seperti saya,” tutur Khusnul.(Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed