Surabaya (Aksaratimes) 6 Desember 2020

Menuju agenda semua media masa harus mempunyai wartawan muda ,wartawan madya dan wartawan utama, PT Aksara Putra Mediatama mengirimkan 4 wartawannya untuk mengikuti pendidikan latihan pra UKW menjadi wartawan muda yang diadakan oleh DPP PJI Surabaya pada hari ini Minggu 6 Desember 2020 di Hotel Narita jalan Barata Jaya no 57-59 Surabaya.

Pendidikan pelatihan jurnalistik menjadi bekal ilmu yang baik buat wartawan Aksaratimes dalam membuat berita yang aktual, jelas dan bisa dipertanggungjawabkan di semua pemberitaannya. Ketua Umum PJI Hartanto Boechori juga memberikan materi wawasan kebangsaan bagi wartawan dan etika serta trik jurnalisme investigasi. Hartanto menekankan ‘Nasionalisme wartawan’ dan membuka wawasan wartawan untuk bertanggung jawab terhadap dampak pemberitaannya. Banyak pesan etika moral ditekankan Hartanto. Wartawan harus paham KEJ, bukan hanya membaca pasal demi pasal KEJ, lebih dari itu wajib memahami dan melaksanakan KEJ. Jadi tidak sekedar bisa menulis saja, tapi juga wajib bertanggung jawab terhadap apa yang ditulisnya. Wartawan memberitakan tidak hanya sekedar berdasar fakta kejadian yang ada saja, tetapi juga harus mempunyai etika moral terhadap dampak pemberitaannya. ‘, ungkap ketua Umum DPP PJI. Berpesan juga semua peserta Diklat seorang wartawan harus sering kali membaca dan berkali kali membaca lagi meskipun sudah diterbitkan beritanya. Membaca lagi tulisan berita sendiri dan sering membaca berita orang lain adalah kunci cara kerja wartawan yang sukses kedepannya dalam berkarier.

Dikarenakan situasi masih pandemi Covid-19 , Pendidikan Latihan Pra UKW ini dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan cuci tangan, hand sanitizer dan pemakaian  masker , yang mana peserta berasal dari lintas profesi,komunitas,mahasiswa dan media masa berasal dari pulau Jawa, Pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. (Red-Kris)