Kediri (aksaratimes.com) – Sarang tawon yang meresahkan warga Sekitar masjid, dilakukan evakuasi oleh Tim gabungan dari BPBD Kota Kediri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran serta dibantu warga sekitar. Sarang tawon yang tergantung dipohon palem berada di Halaman Masjid berjenis Tawon Pespa.

Dengan mengunakan peralatan pengamanan, tim gabungan dari BPBD, Damkar dan juga Satpol PP kota Kediri, melakukan evakuasi sarang tawon yang berada di Masjid H. Muhamad Wijati di RT 04 RW 8 Kelurahan Dandangan Kota Kediri.

Diketahui adanya tawon tersebut, saat petugas Masjid melakukan pembersihan yang rencananya akan dipasang terop, yang akan digunakan untuk Pengajian pada besuk Minggu tanggal 23 Februari.

Petugas Masjid sedang menyapu halaman masjid, pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Saat sedang menyapu, adanya tawon Pespa yang beterbangan dan melihat keatas ditemukan sarang tawon yang berukuran besar tergantung di pohon palem di samping Masjid.

Sarang tawon, juga sempat diasapi bawahnya oleh warga dan tampak ada tawon yang tergeletak lemas terkena asap. Kemudian kejadian tersebut di laporkan kepada petugas untuk dilakukan evakuasi.

Saat dikonfirmasi, Ka UPT Damkar Kota Kediri Fani Eryanto, menjelaskan, adanya laporan dari warga potensi bahaya sarang tawon di Masjid jalan Dandangan gang 2.

Ka UPT Damkar, juga menjelaskan, apabila terkena sengatan lebahnya yang berjenis Pespa, seperti kayak kena racun. “Kalau terkena saraf itu yang bisa berbahaya, jika tidak terkena hanya mengalami bengkak, “jelasnya.

Fani menambahkan, apabila warga ada kejadian penemuan sarang tawon lebih baik dilaporkan ke petugas. “Kita himbau bagi warga apabila menemukan sarang lebah, laporkan ke petugas untuk penanganannya, karena secara amatir itu sangat berbahaya, “himbaunya.