Sarasehan Perkoperasian Awali Rangkaian Peringatan HARKOPNAS Ke 77 di Kota Kediri

Aksaratimes.com I 10 Juli 2024 Jakarta – Setiap tahunnya insan perkoperasian di Indonesia memperingati Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) pada tanggal 12 Juli. Tahun 2024, Pemerintah Kota Kediri bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Kediri mengawali serangkaian peringatan HARKOPNAS ke 77 dengan menggelar sarasehan perkoperasian, Selasa (9/7).

Bertempat di ruang Joyoboyo, Balaikota Kediri, HARKOPNAS tahun ini mengangkat tema ‘Koperasi Maju, Indonesia Emas’. Selaras dengan tema tersebut, Pemerintah Kota Kediri menaruh harapan besar terhadap eksistensi koperasi di Kota Kediri, sebagaimana diungkapkan oleh Bagus Alit, sekretaris daerah Kota Kediri.

“Salah satu isu strategi pembangunan ekonomi di Indonesia adalah pemberdayaan masyarakat. Koperasi diharapkan mampu menjadi role model program pemberdayaan masyarakat tersebut,” tuturnya.

Read More

Menurutnya koperasi saat ini menjadi suatu keniscayaan yang mana harus bisa menjalankan kegiatan dan usahanya dengan cara-cara baru, menata manajemen koperasi yang baik, memiliki daya saing dan adaptif terhadap perubahan.

“Gerakan koperasi harus lebih gesit dan semakin adaptif terhadap era industrialisasi koperasi, sehingga dapat menyongsong 100 tahun Indonesia emas dengan optimal,” imbuh Bagus.

Menurutnya melalui acara sarasehan ini merupakan bentuk rasa syukur sekaligus ikhtiar bersama untuk membangkitkan semangat berkoperasi, bersiap mengambil posisi dalam era industrialisasi dimana koperasi sebagai lokomotifnya.

Sementara itu, Firdaus, ketua Dekopinda Kota Kediri mengatakan bahwa melalui kegiatan sarasehan ini diharapkan terhimpun pendapat dari insan perkoperasian demi kemajuan koperasi di Kota Kediri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendiskusikan langkah-langkah strategis guna semakin menguatkan dan mengoptimalkan gerakan perkoperasian di Kota Kediri,” tutur wanita yang akrab disapa kak ido dan juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota Kediri tersebut.

Selain itu, ia menambahkan bahwa Dekopinda sebagai mitra pemerintah dalam membangun koperasi akan selalu berada dalam peran dan fungsi kami selaku wajah perjuangan cita-cita, nilai-nilai dan prinsip koperasi. Sehingga apabila ada koperasi yang berjalannya keluar dari prinsip maka kami akan melakukan advokasi kepada pemerintah.

Lebih lanjut, dalam peringatan Harkopnas ke-77 ada serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. “Akan ada serangkaian kegiatan peringatan Harkopnas yang akan terlaksana hingga tanggal 14 Juli mendatang, yang mana nanti pada tanggal 12 Juli kita akan melaksanakan upacara peringatan HARKOPNAS di halaman Balaikota Kediri,” tutur dia saat memberikan sambutan.

Sebagai informasi, kegiatan sarasehan yang mengundang 175 orang perwakilan gerakan koperasi di Kota Kediri ini mendaulat dua narasumber, yakni Sofyan Jusuf dari lembaga sertifikasi profesi, koperasi, jasa keuangan Naynau cabang Jawa Timur dan perwakilan dari kantor Pelayanan Pajak Pratama Kediri. (red)

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *