Sukses dan Meriah, Festival Rujak Uleg 2024 di hadiri Wali Kota Eri Cahyadi yang Berbagi Rujak kepada Masyarakat

Aksaratimes.com I 20 Mei 2024 Jakarta – Pada Minggu pagi (19/5), Festival Rujak Uleg 2024 telah digelar dengan meriah. Acara yang diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-731 ini berlangsung di Taman Surya Balai Kota mulai pukul 08.00. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, turut hadir dalam acara Festival Rujak Uleg tersebut. Melalui postingan di akun Instagram pribadinya @ericahyadi_, Eri Cahyadi menyatakan bahwa festival tahunan ini sukses besar dengan jumlah pengunjung mencapai puluhan ribu orang.

“Ada sekitar 10 ribu masyarakat numplek blek menyaksikan event tahunan (Festival Rujak Uleg) ini. Mereka datang dengan suka cita. Tidak sedikit pula datang dari luar kota,” tulis Eri Cahyadi dalam unggahannya. Dalam suasana yang ceria, Eri Cahyadi juga mengungkapkan candaannya terkait rasa pedas dari rujak uleg, yang ia ibaratkan seperti kata-kata Rocky Gerung.

“Ada yang bilang kemanisan, ada yang kurang uyah (garam), bahkan ada yang kepedesan, jare arek-arek rasane koyok omongane Rocky Gerung, Pedes,” tambah Eri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Rujak Uleg tahun ini tetap berlangsung meriah. Peserta festival mengenakan beragam busana unik, mulai dari kebaya hingga kostum ala bikers. Mereka terdiri dari berbagai kalangan, termasuk anggota komunitas, hotel, dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Read More

Para peserta dibagi menjadi dua bagian, dengan perwakilan dari perhotelan menduduki sisi barat Taman Surya Balai Kota, sementara peserta dari komunitas berada di sisi selatan. Di tengah-tengah taman, terdapat cobek raksasa berukuran 2,4 meter yang menjadi daya tarik tersendiri.

Festival Rujak Uleg dibuka dengan pertunjukan musik dan diikuti oleh sebuah teatrikal berjudul ‘History of Rujak Uleg’. Acara teatrikal ini melibatkan partisipasi dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji, dan Ketua TP PKK setempat, Rini Indriyani. Setelah teatrikal, perwakilan dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya, DPRD, serta 31 kecamatan tampil dalam peragaan busana dengan busana unik dan tematik.

Festival Rujak Uleg tahun ini diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-731. Berbeda dari tahun sebelumnya, festival kali ini digelar di Taman Surya Balai Kota Surabaya. “Kenapa di Balai Kota? Karena saat ini pemkot sedang melakukan pekerjaan revitalisasi di Kota Lama, sehingga kami pindah ke Balai Kota agar masyarakat juga bisa lebih dekat dengan Taman Surya,” ujar Heri Purwadi, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya.

Sementara itu Jumlah peserta Festival Rujak Uleg kali ini mencapai 564 orang, yang berasal dari berbagai komunitas dan Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *