Tanggapi Video Viral Bule Kritik IKN, Sandiaga : Sangat Memprihatinkan

Aksaratimes.com I 15 Juni 2024 Jakarta – Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan keprihatinannya terhadap tindakan pemilik akun media sosial TikTok dengan nama @bule_ngoceh yang mengkritik Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah Indonesia. “Sangat memprihatinkan kalau wisatawan itu justru berbicara buruk mengenai negara yang ia kunjungi, itu sangat kami sayangkan,” kata Sandiaga Uno di Bali, seperti dilaporkan Antara pada Sabtu (15/6/2024).

Dalam video yang ditonton oleh 296 ribu penonton, pemilik akun tersebut yang berasal dari Italia menunjukkan lahan yang sedang dibangun, menyiratkan bahwa tempat itu adalah bagian dari IKN. Dia menyebut IKN sebagai Ibu Kota Koruptor Nepotisme, dengan merujuk pada pembangunan rumah pejabat, bangunan bertingkat yang mangkrak, dan masalah krisis air yang memaksa warga membawa air dari Jakarta.

Sandiaga menilai bahwa wisatawan asing seharusnya menghargai Indonesia dan pemerintahannya, jika bicara soal korupsi maka semua orang juga ingin memerangi. “Itu akan terus terjadi karena penggunaan media sosial dan keinginan menjadi viral itu akan selalu menjadi daya tarik, saya ingatkan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, hormatilah,” katanya. Ia juga kemudian mengingatkan bahwa pengunjung harus menghormati negara yang dikunjungi adalah merupakan suatu keharusan.

Read More

Selain menanggapi kontroversi terkait video tersebut, Sandiaga juga mengomentari meningkatnya pelanggaran yang dilakukan oleh wisatawan belakangan ini. Menurutnya, perlu ada pemantauan dan penindakan lebih lanjut terhadap tindakan-tindakan yang dapat mengarah pada pelanggaran hukum oleh warga asing. “Kalau kita lihat di beberapa bulan terakhir ini jumlahnya semakin banyak, nah ini perlu dukungan bukan hanya aparat penegak hukum, tapi juga masyarakat dan seluruh ekosistem pariwisata kita,” tambahnya.

Sementara itu, Istana kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah siap untuk ditempati oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika beliau memutuskan untuk menginap di sana pada perayaan 17 Agustus 2024, demikian dikatakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Kami siapkan itu (Istana),” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga di Jakarta, seperti dilaporkan Antara pada Sabtu (15/6/2024).

Meskipun demikian, Danis menyatakan bahwa belum ada kepastian apakah Presiden Jokowi akan memilih untuk menginap di IKN pada tanggal tersebut.

Danis juga menjelaskan bahwa progres pembangunan gedung Istana Presiden telah mencapai 73 persen per tanggal 6 Juni 2024. Secara keseluruhan, kawasan Istana Presiden di IKN yang mencakup lapangan upacara dan kantor presiden telah mencapai 80 persen. Danis juga mengungkapkan bahwa progres pembangunan Kantor Presiden sendiri saat ini telah mencapai 89,99 persen. “Hampir 90 (persen), ya, 89,9 persen. Kontrak (penyelesaiannya) nanti sampai Oktober. Sampai akhir Oktober atau November. Sekarang 90 persen memang sudah berfungsi,” kata Danis.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa Upacara HUT Ke-79 RI akan diselenggarakan di dua lokasi, yakni di IKN dan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Presiden Jokowi akan memimpin langsung upacara di IKN, didampingi oleh presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memimpin upacara di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, dengan didampingi oleh wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi menegaskan bahwa alasan pelaksanaan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di dua lokasi berbeda adalah karena masih dalam proses transisi pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN. Beliau juga menyatakan bahwa jika Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota sudah dikeluarkan, maka upacara HUT Ke-79 RI pada tahun 2025 akan diselenggarakan di IKN. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *