by

Tutup Magang Merdeka Batch 1, Wali Kota Kediri Harap Peserta Magang Merdeka Jadi Agen Perubahan di Daerah Asalnya

Aksaratimes.com| 20 Januari 2022.Kota Kediri- Setelah 5 bulan, program Magang Merdeka Scale Up Prodamas Batch 1 dilaksanakan, kini resmi berakhir. Sebanyak 51 peserta magang telah berhasil menyelesaikan program kerja magang ini dengan baik. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar beri apresiasi para peserta magang pada acara Closing Ceremony Magang Merdeka, Kamis (20/1). Bertempat di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri acara ini diisi dengan penampilan para peserta magang seperti baca puisi, flashmob, akustik dan dance modern.

Saya bangga dengan adik-adik semua, karena telah melakukan banyak hal untuk masyarakat Kota Kediri. Saya juga minta maaf karena kami dari Pemkot Kediri belum bisa memberikan banyak hal. Namun insyaAllah banyak hal juga yang bisa dipelajari dari masyarakat Kota Kediri,” tutur Wali Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri menyampaikan di Kota Kediri memiliki Program Pemberdayaan Masyarakat yang luar biasa bernama Prodamas. Program ini bersifat bottom up sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Di era kolaborasi seperti ini, Pemerintah Kota Kediri ingin agar Prodamas menjadi program yang lebih sempurna, seperti gayung bersambut ada program Magang Merdeka dari Kemendikbudristek. Pemkot Kediri ambil bagian dan menjadi yang pertama dan satu-satunya pemerintah daerah mitra program magang dan studi independen bersertifikat (MSIB) dari Kemendikbudristek batch-1.

LebIh lanjut Abdullah Abu Bakar menuturkan anak muda zaman sekarang harus memiliki ilmu yang multi dimensi. Ilmu-ilmu yang didapat itu juga harus bisa diaplikasikan ke dalam kehidupannya. Maka dari itu, Pemkot Kediri mencoba membuka ruang di Kota Kediri dengan Magang Merdeka yang menangani Prodamas Plus yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Sehingga saya yakin mereka memiliki multi disiplin ilmu saat ini. Dan mereka bisa tahu persepsi masyarakat terhadap pemerintah bagaimana, persepsinya terhadap RT seperti apa dan persepsi terhadap pembangunan di Indonesia juga seperti apa,” tambahnya.

Terakhir Wali Kota Kediri menuturkan bahwa program Magang Merdeka Scale Up Prodamas ini telah melahirkan gagasan-gagasan yang luar biasa. Terima kasih kepada para peserta magang merdeka yang telah memberikan banyak ide keren untuk mengembangkan Prodamas. Peserta magang merdeka ini juga diharapkan bisa menjadi agen perubahan di daerah asalnya, untuk menyampaikan bahwa ada program bagus seperti Prodamas ini yang bisa disinergikan antara pemerintah dan masyarakat.

Pada kegiatan ini juga diberikan sertifikat penghargaan kepada para peserta Magang Merdeka atas keberhasilannya menyelesaikan program magang ini. Peserta magang yang dinobatkan menjadi peserta terbaik yakni Krisna Agung Brahma Murti dari Universitas PGRI Adi Buana.

Hadir pula di closing ceremony Magang Merdeka Scale Up Prodamas Batch 1, Rektor / Pimpinan Perguruan Tinggi di Kota Kediri, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri, Mentor, Asisten Mentor, Fasilitator Magang Merdeka dan 51 peserta Magang Merdeka.(Red)

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed