Video Viral: Muncul Fenomena Awan Bolong di Jember? Cek Penjelasan menurut Pakar

Aksaratimes.com I 11 Juni 2024 Jakarta – Fenomena awan bolong yang terjadi di Jember, Jawa Timur, menjadi viral di media sosial setelah sebuah video merekam kejadian tersebut. Dalam video tersebut, terlihat awan di langit membentuk lubang, sementara awan di sekitarnya tetap rapat.

Salah satu warganet yang membagikan rekaman video tersebut adalah akun @AkiSukidi2 di X (sebelumnya Twitter). Dalam keterangannya, dia menyebutkan bahwa fenomena alam ini terjadi pada pagi hari di langit Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, pada Selasa (04/06/24).

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Guswanto, memberikan penjelasan terkait fenomena awan bolong yang terjadi di Jember. Menurutnya, fenomena tersebut dikenal sebagai “fallstreak hole” atau “hole punch cloud.”.

Guswanto menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi ketika suhu air di dalam awan berada di bawah titik beku, namun air belum membeku karena kurangnya partikel nukleasi es. Ketika kristal es mulai terbentuk, mereka dapat menyebabkan tetesan air di sekitarnya menguap, sehingga membentuk lubang di awan.

Menurut Guswanto, proses ini seringkali meninggalkan area kosong yang dikelilingi oleh cincin awan, dengan kristal es kadang-kadang jatuh dan memberikan penampilan seperti garis-garis di dalam lubang tersebut. Selain itu, fenomena fallstreak hole juga dapat terjadi ketika pesawat terbang melewati awan yang mengandung air super dingin.

Menurut Badan Cuaca Amerika Serikat (NWS), fallstreak hole didefinisikan sebagai celah melingkar atau elips besar yang muncul dalam awan cirrocumulus atau altocumulus. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *