Pelni Sebut Rutin Lakukan Perawatan, Polres Pelabuhan Makassar tetap Selidiki Usai kasus Terjadinya Kebakaran di KM Umsini

Aksaratimes.com I 10 Juni 2024 Jakarta – Polres Pelabuhan Makassar sedang menyelidiki penyebab kebakaran KM Umsini di Pelabuhan Makassar, eks Sukarno Hatta, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Menurut Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto, sumber api masih belum diketahui, dan pihaknya sedang menunggu tim dari Laboratorium Forensik untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kapal.

Informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa sumber api diperkirakan berasal dari ruang mesin dek dua kapal tersebut, tetapi hal ini belum dipastikan. Saat semua area sudah steril setelah pemadaman, barulah penyebab pasti kebakaran dapat diidentifikasi.

Kapolres menyatakan bahwa tidak ada korban luka berat dalam kejadian tersebut. Namun, penumpang di atas kapal sempat panik ketika asap mulai menyebar di dalam kapal. Dua orang mengalami stres, salah satunya karena sesak napas dan yang lainnya karena melompat dari tangga, namun keduanya telah ditangani di Rumah Sakit Angkatan Laut.

Read More

Pengamanan seluruh penumpang telah dilakukan oleh pihak keamanan, dan mereka dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sebanyak seratus personel disiagakan baik di dalam maupun di luar terminal untuk menjaga keamanan dan mencegah kepanikan. Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto, menyatakan bahwa api telah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. Api diduga berasal dari percikan api di motor bantu di kamar mesin dan berhasil dipadamkan setelah beberapa jam.

Evan menambahkan bahwa penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal Pelni lainnya, dengan penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa oleh KM Dorolonda pada hari yang sama, semua kapal berangkat dari Makassar.

Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Andi Besse Jalante, menyatakan bahwa usia KM Umsini sudah mencapai 30 tahun, namun masih rutin melakukan perawatan. Perawatan dilakukan secara berkala dengan mengadakan docking atau perawatan yang diperlukan. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *