by

Reproduksi dan Asap Rokok

Kediri (aksaratimes.com)—banyak kalangan sudah mengetahui jika asap rokok akan menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, menyebabkan kanker paru dan penyakit jantung. Nyatanya asap rokok juga menjadi penyebab masalah reproduksi. Sobat Aksara perlu tahu bahwa asap rokok tidak hanya berbahaya bagi perokok (yang mengisap rokok saja-perokok aktif) akan tetapi juga untuk orang-orang disekitarnya(mengirup asap rokok-perokok pasif). Silahkan simak efek paparan asap rokok bagi reproduksi berikut ini :

Disminorhoe primer adalah nyeri haid yang terjadi tanpa adanya kelainan panggul. Sobat Aksara… Wanita yang mengalami disminorhoe akan merasakan nyeri yang hebat pada saat haid dan menyebabkan wanita kadang harus meninggalkan aktivitas beberapa hari.

Wanita perokok pasif memiliki risiko 23 kali lebih besar terjadi disminorhoe primer dibandingkan wanita bukan perokok. Hal ini disebabkan oleh nikotin pada rokok yang secara nyata memberikan pengurangan terhadap aliran darah ke endometrium dan peningkatan pengeluaran hormon Prostaglandin F2-alpha.
Wanita perokok mempunyai resiko infertil.

Dari hasil penelitian dilaporkan bahwa folikel (bakal sel telur) yang terdapat pada ovarium (indung telur) wanita perokok lebih banyak yang mengalami kerusakan dan terhambat menjadi sel telur yang siap dibuahi. Sehingga mempengaruhi kesuburan atau fertilitas wanita.

Paparan asap rokok berpengaruh terhadap kualitas sperma. Berdasarkan laporan penelitian disebutkan bahwa asap rokok mempunyai tiga toksik utama yaitu karbonmonoksida, nikotin dan tar yang dapat mengganggu spermatogenesis (proses pembentukan sperma). Paparan rokok menyebabkan pengaruh negatif terhadap kulitas sperma yaitu konsentrasi dan motilitas sperma berkurang hal ini disebabkan oleh radikal bebas yang dihasilkan.

Gairah seks berkurang bahkan bisa padam. Perokok berisiko mengalami disfungsi ereksi. Sobat Aksara, anggapan bahwa laki-laki akan kelihatan “Macho” atau “Keren” jika merokok tidaklah benar, sebaliknya penelitian terhadap 50 orang perokok menggunakan kuesioner IIEF -% (International Index of ErectileFunction) disebutkan bahwa semuanya menderita didfungsi ereksi, 2% disfungsi ereksi berat, 33% disfungsi ereksi sedang, 38% disfungsi ereksi sedang-ringan, dan 38% disfungsi ereksi ringan. Merokok dapat menyebabkan kerusakan otot polos pada penis, penyempitan arteri yang menghalangi aliran darah ke penis. Padahal penis membutuhkan aliran darah yang cukup saat ereksi. Nah lho…ngeri kan..

Merokok meningkatkan peluang gangguan kehamilan, menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur atau kemilan ektopik (diluar rahim). Sobat Aksara gangguan kehamilan, keguguran, terjadi lebih besar bagi para perokok. Karena ada 5000 zat-zat beracun yang terkandung dalam rokok dan asap rokok memberikan dampak buruk terhadap kehamilan.

Nah Sobat Aksara…5 akibat merokok dan paparan asap rokok diatas semoga bisa memotivasi bagi sobat untuk berhenti dan menjauhi paparan asap rokok. Memang berat untuk berhenti merokok, akan tetapi anda harus yakin anda bisa dan anda mampu, untuk kesehatan dan hidup yang berkualitas.

Penulis:Rahajeng SNR
Pendidik dan Pemerhati Kesehatan

News Feed