Waduh! Akibat Kebiasaan Ini, Anak Usia 6 Tahun bisa Terkena Diabetes? IDAI Mengungkap Hal berikut

Aksaratimes.com I 30 Mei 2024 Jakarta – Kasus diabetes pada usia muda di Indonesia masih menjadi perhatian serius. Bahkan, banyak anak-anak yang menderita diabetes tipe 2 akibat gaya hidup yang tidak sehat. Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), kemudian menegaskan bahwa pemerintah perlu memberlakukan regulasi yang ketat terkait minuman berpemanis guna menurunkan prevalensi diabetes pada anak-anak. Terlebih lagi, diabetes semakin sering dilaporkan terjadi pada usia dini.

“Laporan-laporan yang dari teman-teman UKK Endokrin ya, itu emang mulai remaja, bahkan ada ketua UKK Endokrin itu lapor se muda usia 6 tahun itu sudah ada yang diabetes tipe 2,” ungkap dr. Piprim saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, pada Rabu (29/5/2024). “Umur 6 tahun, dia awalnya dengan obesitas,” tambahnya.

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa). Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. dr. Piprim kemudian menjelaskan bahwa anak-anak yang mengalami obesitas karena terlalu sering mengonsumsi makanan manis akan menjadi rentan terhadap diabetes tipe 2. Jika diabetes sudah terjadi sejak usia muda, penyakit ini bisa menjadi penyebab kematian seperti stroke atau serangan jantung pada usia produktif.

Read More

“Anak gemuk itu sakit. Jadi obesitas itu sudah jadi sebuah penyakit. Diagnosis ya. Jadi Jadi artinya buat orang tua jangan nganggap bahwa anak itu harus gemuk anak itu harus tumbuh kembang dengan normal sesuai grafik atau kurva pertumbuhannya jangan sampai dibikin obesitas,” tegasnya. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *