by

Kota Kediri “Terus di Hiasi” Tiang Dan Kabel Optik

Kediri (aksaratimes.com) – – – Puluhan Tiang Baru Jaringan Kabel Optik kembali meng”hiasi” pendistrian atau trotoar di Sejumlah Jalan Protokol di wilayah Kota Kediri, Jawatimur.

Berdirinya tiang jaringan baru kabel optik setidaknya terpantau di sepanjang Jalan Semeru, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang meliputi wilayah Kelurahan Tamanan, Campurejo dan Kelurahan Lirboyo.

Menurut Tono salah satu pekerja tiang dan jaringan kabel optik saat ditemui dilokasi pemasangan menjelaskan bila dirinya sudah bekerja kurang lebih satu minggu dan melakulan pemasangan tiang bersama jaringan kabel optiknya.

“sehari saya dibayar Rp. 100.000,- untuk memasang jaringan tiang dan kabel optik milik Provider X… Dan pemasangannya mengikuti tiang tiang jaringan kabel milik provider lain yang telah terpasang sebelumnya. Dirinya mengakui jika pemasangan kabel optik yang dipasang seringkali mengelantung bertumpuk tumpuk dengan kabel optik milik provider lain. Dan sejauh ini diakui memang tidak ada ijin ke rumah warga secara langsung untuk penempatan tiang karena hanya memasang mengikuti tiang yang ada sebelumnya, “Jum’at (28/12).

Lebih lanjut Tono menegaskan,  setidaknya sudah ada sekitar 40 an tiang terpasang sepanjang kurang lebih 4 Kilometer dan mengakui telah mendapatkan perijinan dari Provinsi langsung.

Dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya Kepala Dinas PU Sunyata mengatakan bila sejauh ini tidak ada rekomendasi atas proyek itu dan pemasangan tiang itu masuk jalur Nasional.

“Tidak ada ijin atau rekomendasi karena Jalur Nasional, “ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Perijinan Satu Pintu, Anang Kurniawan mengaku belum mengetahui adanya Proyek tersebut.

” Dijalan Mana Mas? Nanti biar di cek oleh timnya, “ungkapnya melalui Pesan WhatsAppnya.

Sejauh pantauan saat ini,  setidaknya ada lebih 5 pekerja melakukan pemasangan jaringan kabel optik tersebut dengan memilih milah kabel optik untuk ditarik terpasang ditiang yang dipasang sebelumnya. Tampak ada tali rafia warna kuning yang diikatkan pada kabel optik milik provider lain menghindari kabel bergelombang. Selain itu terdapat tanda khusus berwarna perak atau silver pada tiang berwarna hitam yang terpasang di sepanjang pendistrian mulai Wilayah Terminal Baru Hingga di kawasan Rel Kereta Api di sisi Timur Alun Alun Kota Kediri. (mi/mb)

News Feed