by

Persiapan Pemkot Kediri Laksanakan Vaksinasi Covid-19, Ada 4 Meja yang Dilalui Sasaran Vaksinasi

Kediri (Aksaratimes) Selasa, 19 Januari 2021.

Kota Kediri mendapatkan giliran vaksinasi pada awal Februari 2021. Meski masih cukup waktu, sosialisasi dan persiapan terus dilakukan. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat vaksin dan sosialisasi tahapan yang harus dilalui sasaran (orang yang divaksin).

“Kota Kediri dapat jatah awal Februari. Untuk bulan Januari ini hanya untuk Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo,” kata Fauzan Adima, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri, 18/01/2021. Pelaksanaan vaksinasi pada bulan Januari diutamakan untuk ibukota provinsi dan kota-kota penyangga di sekitarnya.

Selama menunggu giliran, Kota Kediri dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Kediri telah menyiapkan 9 Puskesmas dan 6 rumah sakit sebagai tempat penyelenggaraan vaksinasi Covid-19.

Sebagaimana persiapan di Puskesmas Pesantren II, Dinkes menyediakan 4 meja yang harus dilalui oleh sasaran vaksinasi. Prosedurnya, sasaran datang dan mengantre dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Kemudian, setelah tiba giliran, sasaran mencuci tangan dan dicek suhu kemudian menuju meja pertama. Meja pertama ini, sasaran menunjukkan surat undangan/QR Code yang akan dipindai oleh petugas. Setelah sesuai dengan data, maka sasaran menuju meja II.

Di meja II, sasaran akan diukur tensi darah kemudian menjawab sekitar 16 pertanyaan yang akan ditanyakan oleh petugas. Pertanyaan-pertanyaan ini seputar kondisi sasaran, kesehatan, sejarah penyakit, dan juga apakah menerima vaksin dalam kurun waktu tertentu. Sasaran hendaknya menjawab dengan sejujur-jujurnya sebab jawaban ini akan berhubungan dengan kesuksesan vaksinasi. Setelah selesai dan lolos, maka sasaran akan mendapatkan kartu tanda peserta vaksinasi.

Setelah selesai dari meja II, sasaran menuju meja III. Di sinilah proses vaksinasi dijalankan. Petugas akan menyingsingkan lengan sasaran, mengusap alkohol, lantas menyuntikkan vaksin. Terakhir, menutup bekas vaksin dengan plester.

Selanjutnya, sasaran menuju meja terakhir yaitu meja ke IV. Di sini, pasien akan melapor kemudian diminta untuk menunggu selama 30 menit di ruang tunggu. Selama 30 menit akan diobservasi, bila tidak ada gangguan maka sasaran akan menerima surat keterangan telah divaksin dan diperkenankan untuk pulang. Apabila selama 30 menit ada gangguan, maka petugas akan memberikan tindakan lebih lanjut.

Demikian tahapan yang harus dilalui. Sosialisasi vaksinasi terus dilakukan oleh Pemkot Kediri untuk menyukseskan program ini dan segera menghentikan penyebaran Covid-19 (Kris/Allan).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed