Lagi! Dugaan insiden Pada Pesawat kembali terjadi, kini Pesawat Wakil Presiden Malawi yang Hilang Kontak: Berikut Kronologinya

Aksaratimes.com I 11 Juni 2024 Jakarta – Pencarian pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima, terus berlanjut hingga Senin (10/6) malam. Presiden Malawi, Lazarus Chakwera, menegaskan bahwa seluruh sumber daya telah dikerahkan untuk operasi pencarian dan penyelamatan tersebut. “Saya tahu bahwa ini adalah situasi yang memilukan. Tapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya mengerahkan seluruh sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu dan saya berpegang pada setiap titik harapan bahwa kita akan menemukan korban selamat,” kata Chakwera seperti dikutip dari AFP, Selasa (11/6).

Berikut adalah kronologi hilangnya pesawat militer yang membawa Wapres Malawi Chilima:

Pesawat militer yang membawa Chilima dan sembilan orang rombongan dilaporkan hilang setelah gagal melakukan pendaratan pada Senin pagi. Pesawat itu lepas landas setelah pukul 09.00 pagi untuk membawa Chilima dan rombongan melakukan perjalanan dari ibu kota Lilongwe ke Kota Mzuzu guna menghadiri pemakaman seorang mantan menteri kabinet. Mantan ibu negara Malawi, Shanil Dzimbiri (Muluzi), termasuk yang berada di pesawat tersebut.

“Setibanya di Mzuzu, pilot tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca buruk, dan otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe, tetapi pihak berwenang kehilangan kontak dengan pesawat tak lama setelah itu,” kata Chakwera.

Read More

Chakwera mengaku telah menghubungi pemerintah berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, dan Israel, yang semuanya menawarkan dukungan “dalam kapasitas yang berbeda” “Termasuk penggunaan teknologi khusus yang akan meningkatkan kapasitas untuk menemukan pesawat lebih cepat,” ucapnya.

Chakwera menyebutkan bahwa sinyal telekomunikasi menemukan pesawat dalam radius 10 kilometer dari Riaply, sebuah perusahaan penggilingan kayu di Afrika bagian selatan yang terletak di selatan Mzuzu.

“Saat ini kami terus berdoa,” kata Menteri Informasi Malawi, Moses Kunkuyu. Pasukan militer menggelar operasi pencarian dan penyelamatan dengan berjalan kaki dan membawa obor ke hutan Chikangawa, selatan Mzuzu. Beberapa laporan yang belum bisa dikonfirmasi menyebutkan bahwa ada sebuah pesawat jatuh ke dalam hutan pada Senin pagi.

Chakwera, yang dijadwalkan melakukan perjalanan ke Bahama untuk kunjungan kerja, terpaksa membatalkan perjalanannya. Dia menunggu kabar mengenai sang wakil presiden. Chilima merupakan wakil presiden pertama yang terpilih pada 2014 dan cukup populer di kalangan muda warga Malawi. Namun, pada 2022, Chilima dicopot dari kekuasaannya setelah ditangkap dan didakwa melakukan korupsi atas skandal suap yang melibatkan seorang pengusaha Inggris-Malawi. Bulan lalu, pengadilan Malawi kemudian membatalkan dakwaan tersebut. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *